PENAMPAKAN FITUR ABSENSI PADA SIMPATIKA PADAMU KEMENAG
Seiring dengan banyaknya edaran yang masuk via blog Penmad, grup medsos (Whatsapp dan Facebook), obrolan sobat-sobat Operator Madrasah, kawan-kawan guru Madrasah, dan lain sebagainya. Kini hadir fitur baru tapi lama (fitur tersebut sebenarnya sudah ada semenjak zamannya Padamu dulu tapi baru sekarang "wajib digunakan"....), sebelumnya fitur tersebut masih layanan berbayar sehingga hanya madrasah yang "bermodal" saja yang menggunakannya. Sekarang FITUR ABSENSI tersebut sudah GRATIS (TAPI TIDAK GRATIS), kenapa? karena FITUR ABSENSI PADA SIMPATIKA PADAMU KEMENAG sekarang ini masuk dalam daftar baru agenda Simpatika seluruh madrasah terutama dan paling utama tambah "menu kerjaan" kita-kita para Operator.
Adapun penampakan dan cara kerja (sementara) Fitur Absensi pada Simpatika.Kemenag.go.id adalah sebagai berikut
Menu Absensi di Simpatika
Pertama masuk ke halaman login Simpatika di https://simpatika.kemenag.go.id/#!/login, kemudian klik Login Admin.
masukan username (email atau NUPTK) dan password PTK/Kepala/Operator yang diberi wewenang mengelola Simpatika (mayoritas sih Kepala), lalu klik Login Masuk
sejurus kemudian akan tampil halaman Sekolah Simpatika, lalu klik menu Absensi (di sebelah kiri) atau Lihat semua fitur di bawah untuk masuk ke halaman Absensi.
terdapat 3 menu Absensi yaitu Absensi Kelas, Absensi Guru dan Absensi Staf. Sebagai contoh kita akan mengelola absensi Guru maka kilik Absensi Guru
Kemudian akan terlihat "penampakan" halaman pengelolaan Absensi Guru seperti gambar di bawah ini
Jika diperhatikan, default absensi guru pada Simpatika saat ini setiap harinya kecuali minggu otomatis hadir (tanda centang = Hadir). Jadi admin cukup merubahnya/edit jika ada guru yang tidak hadir. Namun menurut informasi yang yang diperoleh mulai semester depan (Semester I TA 2018/2019), defaultnya akan otomatis "ditidak hadirkan" sehingga setiap hari efektifnya admin diharuskan mengedit absensi guru sesuai kehadirannya. Perhatikan simbol beserta keterangannya
Bagaimana cara edit atau mengaturnya?
Ada 2 cara ntuk mengatur atau edit absensi guru pada simpatika:
CARA I, Edit satu per satu (1 by 1) pada masing-masing guru/PTK
Caranya dengan meng-klik tanda 6
setelah muncul jendela Aksi terhadap guru, lalu klik Edit kehadiran
selanjutnya atur/pilih sesuai status kehadiran guru tersebut (jika diperlukan tambahkan keterangan pada kolom Keterangan) lalu klik Simpan
CARA 2, Download/unduh dan Upload via Excel
Langkah1. Unduh dulu format absensi excelnya dengan cara klik tanda Ç kemudian klik Unduh format absensi seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini
Langkah2. Buka file Excel format absensinya(absensi-guru-tingkat madrasah-nama madrasah-kecamatan.xls), silahkan atur edit (hanya) pada kolom ABSENSI sesuai status kehadiran setiap guru (lihat simbol beserta keterangannya di atas!)
Setelah selesai (jangan lupa Save/simpan) kemudian upload kembali dengan cara seperti pada Langkah1 di atas namun kali ini pilihlah tombol Pilih file lalu klik Unggah
Cara di atas merupakan contoh untuk absensi sesuai tanggal saat kita login ke Simpatika. Lalu bagaimana cara input absensi bulan Januari, Februari dan tanggal sebelumnya? Oke, caranya klik simbol Kalender
Klik tombol 3 untuk melihat bulan sebelumnya (misalnya, Januari, Februari 2018)
Edit, Input, upload data absensi pada setiap tanggalnya............. setiap tanggal berarti, setiap hari alias satu-satu. Mantap!! ...xixixixi... tapi kabar baiknya terutama bagi guru/PTK yang berstatus "Bersertifikasi", fitur absensi Simpatika ini untuk pemberkasan TPG Januari-Maret 2018 belum "wajib" digunakan. Itu artinya beban kerja para Admin/Operator masih seperti biasanya (seperti sebelumnya) dalam bidang pengelolaan Simpatika. Mulai bulan April dan kedepannya? siap-siap saja untuk Stand OL...... jahahahahh.....
Demikian Penampakan Fitur Absensi pada Simpatika dan cara kerjanya yang dapat admin operator-mifa sampaikan semoga bermanfaat dan ambil positifnya saja..... nambah kerjaan nambah pula pemasukan....hehehh.