Mengatasi Permasalah Pendataan EMIS Online 2017/2018
Bagi Sobat Operator Madrasah, selain disibukan mengolah data juga dipusingkan dengan seringnya error yang terjadi pada saat mengerjakan Pendataan EMIS "model baru" sekarang ini seperti gagal login (karena memang lupa email, password atau belum jadwalnya....heheheh), error 504 Gateway Time-Out, tiba-tiba logout ketika mengisi data, dan error lain sebagainya.
Nah, selain PC/Laptop yang digunakan minimal harus sesuai spek requirement-nya (baca juga Menyiapkan "Alat Tempur Gahar" Untuk Pendataan EMIS 2017/2018) meskipun pada kenyataanya tidak begitu-begitu amat, saya sendiri menggunakan laptop dengan spek di bawah atau low end alias jadul tapi Alhamdulillah lancar-lancar saja kok! .... kita juga musti pintar-pintar melihat situasi dan kondisi, mengerti masalah jaringan/internet dan sedikit pintar pada masalah waktu pengerjaan. Berikut saya sharing sedikit pengalaman mengatasi permasalah pendataan emis online 2017/2018....
pertama, pastikan email yang digunakan telah aktif, untuk cara cek keaktifan akun email silahkan ke Te-Ka-Pe.
Kedua, pastikan di meja kerja kita terdapat makanan ringan, kopi dan ro*** (opsional... he)
Ketiga, Ingat! yang sedang mengerjakan emis tidak hanya satu dua orang melainkan se-Indonesia (dari Sabang sampai Merauke loh Pa/Bu bro'!!) dan yang sekiranya jarang kita pikirkan bahwa waktunya hampir bersamaan (biasanya antara pukul 07.00 sampai 17.00 atau rata-rata diantara pukul 08.00-12.00). Dapat dibayangkan data yang segitu banyaknya "berlomba-lomba" untuk dapat masuk ke satu database di server pusat (EMIS)!! makanya jangan aneh jika sering muncul yang namanya error di atas. jadi untuk yang ketiga pilihlah waktu selain yang telah disebutkan di atas, bisa saja antara mulai pukul 12.30-17.00, pukul 20.00-00.00 atau bahkan sambil menemani Ronda Malam yaitu mulai pukul 00.00 sampai 06.00 pagi (seperti saya!!!).
Masih tentang waktu sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa dalam pengerjaanya. Ingat batas akhir pendataan EMIS online sampai tanggal 31 Desember 2017 (ada juga yang menyebutkan sampai tanggal 20 Desember), tidak salahnya kita buat jadwal misalnya target input data 30-50 siswa per harinya sehingga pekerjaan atau urusan lain juga dapat dilakukan bahkan mungkin lebih penting daripada EMIS.... menyelam sambil minum kopi laah!
Keempat, dalam hal peralatan akses internet terutama bagi sobat operator madrasah yang masih mengandalkan modem atau Handphone. Sebenarnya tidak jadi soal apakah harus menggunakan modem 3G atau 4G, begitu juga dengan paket providernya entah itu Telkomsel, XL, Indosat, Three atau apa saja asalkan sesuai Insya Allah permasalahan-permasalahan emis ini dapat diatasi. Tidak menjadi masalah bahkan dianjurkan misalnya jika kita gunakan modem/HP 4G dengan kartu tertentu di daerah yang memang sudah terjangkau jaringan 4G dan jaringan kartu yang digunakan stabil tetapi akan menjadi masalah jika sebaliknya, kan?! Saya sendiri sebenarnya menggunakan HP 4G dengan Telkomsel didalamnya, namun karena suatu hal saya sekarang mengerjakan EMIS Online menggunakan modem 3G, tapi Alhamdulillah normal-normal saja....
Jadi kesimpulanya cara Mengatasi Permasalahan Pendataan EMIS Online 2017/2018 adalah kita harus pintar membaca situasi dan kondisi dengan menggunakan peralatan seadanya, dan yang paling penting kita mengerjakannya dengan ikhlas dan sabar meskipun sangatlah wajar kita juga berharap mudah-mudahan pihak-pihak terkait terutama Bapak/Ibu Kepala Madrasah kita lebih "peka" lagi ;).Amin. Akhir kata Selamat Bekerja, Selamat Berjuang dan Salam Sukseskan EMIS teruntuk para sobat operator madrasah Indonesia.