Cara Daftar Operator di Sdm Data Kemdikbud untuk Verifikasi Validasi Data Peserta Didik Madrasah
Cara Daftar Operator di Sdm Data Kemdikbud untuk Verifikasi Validasi Peserta Didik Madrasah - Untuk dapat memiliki akses melihat laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan, forum komunikasi SDM, dan aplikasi Verifikasi Validasi Peserta Didik dan melihat data siswa‐siswa yang sudah memiliki NISN sesuai dengan petunjuk yang ada pada lampiran Pembagian Hak Akses dan Diagram Alur Veval PD Kemenag maka Operator Madrasah harus terdaftar/registrasi sebagai anggota di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan
Berikut ini langkah-langkah cara mendaftar/registrasi sebagai anggota di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan (http://sdm.data.kemdikbud.go.id) :
1. Silahkan buka http://sdm.data.kemdikbud.go.id
2. Pada menu bagian atas klik Registrasi Anggota lalu pilih dan klik Operator Sekolah.
3. Selanjutnya akan terbuka halaman Registrasi Operator Sekolah, silahkan isi dengan lengkap semua kolom yang diminta termasuk upload surat tugas Operator Madrasah yang ditandatangani oleh Kepala Madrasah dan diberi Stempel Madrasah.
Catatan : Setalah memilih Provinsi yang sesuai maka secara otomatis sistem akan membuka pilihan Kabupaten yang berada pada kolom dibawahnya, sama halnya dengan Kecamatan dan nama Sekolah, pilih nama sekolah Sobat yang telah disediakan oleh sistem.
4. Setelah semua kolom sampai dengan Nama Sekolah telah diisi, selanjutnya upload file surat tugas yang telah ditandatangani Kepala Madrasah dan diberi Stempel Madrasah dengan cara klik Choose File. (Seperti yang tercantum di bawah tombol Choose File bahwa syarat file yang akan diupload harus dalam bentuk file PDF dengan ukuran maksimal 2 mb)
5. Selanjutnya klik Registrasi.............. Apabila isian data Sobat telah sesuai dengan permintaan maka akan terbuka halaman yang menyatakan bahwa registrasi Sobat telah disimpan dan tinggal menunggu aktivasi dari PDSPK.
6. Untuk lebih meyakinkan bahwa registrasi Sobat OPS telah disimpan pada sistem, Sobat dapat mengeceknya dengan membuka menu Status Pendaftaran, masukkan e-mail kemudian klik Cek.
7. Selanjutnya dikarenakan baru mendaftar maka akan muncul konfirmasi bahwa akun sedang dalam antrian aktivasi, itu artinya pendaftaran/registrasi Sobat telah masuk tinggal menunggu aktivasi saja (proses ini dapat memerlukan waktu sekitar 1x24 jam bahkan lebih)….. Jadi Sobat OPS bisa istirahat dulu, tiduran, makan, mandi, main atau terserah Sobat mau ngapain dulu…he.
8. Oke, Untuk mengetahui apakah pendaftaran/registrasi Sobat sudah di aktivasi atau belum oleh PDSP, silahkan lakukan cek and ricek status pendaftaran Sobat sebagaimana langkah 6 di atas dan jika akun Sobat telah aktif maka akan muncul konfirmasi bahwa akun Sobat sudah aktif dan dipersilahkan untuk login.
Selamat, pendaftaran/registrasi telah disetujui dan silahkan login pada laman depan dengan memasukkan alamat e-mail dan password sesuai yang dimasukan/didaftarkan saat registrasi, eits …. jangan lupa ketikkan juga captha yang diminta.….. maka halaman sdm.data.kemdikbud terbuka dengan akun Sobat OPS sendiri. Alhamdulillah (sambil sujud syukur).
Untuk selanjutnya, akun Sobat yang telah aktif tersebut dapat digunakan untuk login pada laman web http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/ dalam rangka Verval NISN Peserta Didik.